Kunci Jawaban Latihan Pemahaman Merancang Asesmen Pembelajaran

Merancang Asesmen pembelajaran SD

Melalui rancangan dan penerapan asesmen yang tepat, kita bisa mendapatkan informasi yang holistik akan ketercapaian kompetensi murid. Informasi ini bisa digunakan oleh guru untuk perencanaan pembelajaran selanjutnya. Video ini akan membahas strategi perancangan asesmen pembelajaran dengan contoh mata pelajaran IPAS.


Referensi:

1. Pusat Asesmen dan Pembelajaran. Panduan Pembelajaran dan Asesmen Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. 2021. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

2. SK Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No. 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka.


Indikator Pencapaian Kompetensi

Dalam video ini, kita akan belajar menurunkan indikator dari tujuan pembelajaran dan bagaimana cara menyusun kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dalam pendekatan rubrik.



Anda juga dapat mempelajari alternatif lain untuk menyusun kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dalam Panduan Pembelajaran dan Asesmen hlm. 32-36.




Topik 3: Perencanaan Pembelajaran SD/Paket A

Modul 2: Merancang Pembelajaran SD/ Paket A

Latihan Pemahaman: Merancang Asesmen Pembelajaran


Indikator pencapaian kompetensi dibuat untuk

o   Memastikan tujuan pembelajaran sudah tercapai

o   Membuat pengukuran yang terarah

o   Memudahkan dalam merancang asesmen

o   Semua benar

 

Saat merancang asesmen kita menentukan hal-hal berikut, kecuali....

o   Indikator pencapaian kompetensi

o   Pertanyaan pematik

o   Alat ukur yang akan dipakai

o   Panduan asesmen untuk murid

 

Cerita Refleksi

Saat menjadi murid dahulu, bagaimana perasaan Ibu dan Bapak Guru saat mengerjakan ujian/ulangan?

Jawaban:



Merasa cemas karena takut akan salah menjawab pertanyaan yang mana bisa mengakibatkan nilai yang jelek


Baca Juga:



Post a Comment

0 Comments