Merancang
Asesmen pembelajaran SD
Melalui rancangan dan penerapan asesmen yang tepat, kita
bisa mendapatkan informasi yang holistik akan ketercapaian kompetensi murid.
Informasi ini bisa digunakan oleh guru untuk perencanaan pembelajaran
selanjutnya. Video ini akan membahas strategi perancangan asesmen pembelajaran
dengan contoh mata pelajaran IPAS.
Referensi:
1. Pusat Asesmen dan Pembelajaran. Panduan Pembelajaran dan
Asesmen Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. 2021. Jakarta: Kementerian
Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
2. SK Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen
Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No.
008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini,
Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum
Merdeka.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Dalam video ini, kita akan belajar menurunkan indikator dari
tujuan pembelajaran dan bagaimana cara menyusun kriteria ketercapaian tujuan
pembelajaran dalam pendekatan rubrik.
Anda juga dapat mempelajari alternatif lain untuk menyusun
kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dalam Panduan Pembelajaran dan Asesmen hlm. 32-36.
Topik 3: Perencanaan Pembelajaran SD/Paket A
Modul 2: Merancang Pembelajaran SD/ Paket A
Latihan Pemahaman: Merancang
Asesmen Pembelajaran
Indikator pencapaian kompetensi dibuat untuk
o Memastikan tujuan pembelajaran sudah tercapai
o Membuat pengukuran yang terarah
o Memudahkan dalam merancang asesmen
o Semua benar
Saat merancang asesmen kita menentukan hal-hal berikut, kecuali....
o Indikator pencapaian kompetensi
o Pertanyaan pematik
o Alat ukur yang akan dipakai
o Panduan asesmen untuk murid
Cerita Refleksi
Saat menjadi murid dahulu, bagaimana perasaan Ibu dan Bapak
Guru saat mengerjakan ujian/ulangan?
Jawaban:
Merasa cemas karena takut akan salah menjawab pertanyaan
yang mana bisa mengakibatkan nilai yang jelek
Baca Juga:
0 Comments