Pemahaman
bermakna dan pertanyaan pemantik
Pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang dapat
memberikan makna bagi kehidupan murid di dunia nyata. Juga menggugah rasa ingin
tahu murid untuk belajar lebih lanjut. Bagaimana caranya? Salah satunya adalah
dengan merumuskan pemahaman bermakna dan pertanyaan pemantik. Video ini akan
membahas definisi, kriteria, serta contoh dari pemahaman bermakna dan
pertanyaan pemantik.
Referensi:
1. Wiggins, Grant, Jay McTighe. The Understanding by
Design: Guide to Creating High-Quality Units. 2011. Alexandria: ASCD
Topik 3: Perencanaan Pembelajaran SD/Paket A
Modul 2: Merancang Pembelajaran SD/ Paket A
Latihan Pemahaman: Pemahaman Bermakna dan Pertanyaan
Pemantik
Berikut yang bukan kriteria pertanyaan pemantik adalah
o Inti dari topik pembelajaran
o Berupa pertanyaan terbuka
o Memikat ketertarikan murid pada topik yang akan dipelajari
o Dapat dijawab tanpa perlu penyelidikan oleh murid
Cerita Refleksi
Ketika sekolah dahulu, adakah pelajaran yang mau tidak mau
diikuti, padahal tidak paham hingga saat ini, mengapa kita belajar hal
tersebut? Ceritakan yuk!
Jawaban:
Dahulu, tidak paham terhadap pelajaran suatu hal wajar.
Biasanya karena hal-hal yang dianggap baru, sehingga sedikit sulit untuk
menganalisisnya, apalagi jika dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari. Namun,
setelah bereksplorasi maka akan mudah mengikutinya.
Baca Juga:
0 Comments