Kunci Jawaban Latihan Pemahaman Bermakna dan Pertanyaan Pemantik

 

Pemahaman bermakna dan pertanyaan pemantik

Pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang dapat memberikan makna bagi kehidupan murid di dunia nyata. Juga menggugah rasa ingin tahu murid untuk belajar lebih lanjut. Bagaimana caranya? Salah satunya adalah dengan merumuskan pemahaman bermakna dan pertanyaan pemantik. Video ini akan membahas definisi, kriteria, serta contoh dari pemahaman bermakna dan pertanyaan pemantik.



Referensi:

1. Wiggins, Grant, Jay McTighe. The Understanding by Design: Guide to Creating High-Quality Units. 2011. Alexandria: ASCD




Topik 3: Perencanaan Pembelajaran SD/Paket A

Modul 2: Merancang Pembelajaran SD/ Paket A

Latihan Pemahaman: Pemahaman Bermakna dan Pertanyaan Pemantik


Berikut yang bukan kriteria pertanyaan pemantik adalah

o   Inti dari topik pembelajaran

o   Berupa pertanyaan terbuka

o   Memikat ketertarikan murid pada topik yang akan dipelajari

o   Dapat dijawab tanpa perlu penyelidikan oleh murid

 

Cerita Refleksi

Ketika sekolah dahulu, adakah pelajaran yang mau tidak mau diikuti, padahal tidak paham hingga saat ini, mengapa kita belajar hal tersebut? Ceritakan yuk!

Jawaban:

Dahulu, tidak paham terhadap pelajaran suatu hal wajar. Biasanya karena hal-hal yang dianggap baru, sehingga sedikit sulit untuk menganalisisnya, apalagi jika dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari. Namun, setelah bereksplorasi maka akan mudah mengikutinya.




Baca Juga:



Post a Comment

0 Comments