Post Test
Modul 2: Merancang Pembelajaran SD/ Paket A
1. Pak Anto adalah seorang guru IPA kelas 6. Pak Anto sedang menyampaikan pembelajaran mengenai perubahan wujud benda. Pertanyaan pemantik yang dapat digunakan oleh Pak Anto dalam proses pembelajaran tersebut adalah . . . .
A. Bagaimana cara mengubah air menjadi es?
B. Apakah suhu mempengaruhi perubahan wujud benda?
C. Bagaimana hubungan antara suhu dengan perubahan wujud benda?
D. Apakah udara bisa mengalami perubahan wujud?
2. Indikator pencapaian kompetensi ditentukan berdasarkan
A. Asesmen formatif yang akan dilakukan
B. Asesmen sumatif yang akan dilakukan
C. Tujuan pembelajaran yang akan dilakukan
D. Sarana dan prasarana belajar murid
3. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini :
1.
mengetahui pencapaian hasil belajar peserta
didik
2.
memperoleh data berupa nilai dari pencapaian
hasil belajar
3.
mendapatkan gambaran kemampuan awal yang
dimiliki peserta didik
4.
mengetahui kebutuhan belajar peserta didik
Dari pernyataan di atas, fungsi asesmen sumatif ditunjukkan oleh nomor . . . .
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 1 dan 3
D. 2 dan 4
4. Pak Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran Seni Musik. Pak Markus ingin agar para peserta didik mampu merancang sebuah pagelaran seni secara berkelompok. Pak Markus memberikan kebebasan kepada para peserta didik untuk memilih jenis pagelaran musik yang akan ditampilkan. Untuk proses penilaiannya, Pak Markus memutuskan akan menggunakan rubrik. Pak Markus memutuskan akan menggunakan 3 aspek utama yaitu penampilan, harmonisasi, dan variasi alat musik yang digunakan. Yang tidak termasuk kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran menunjukkan harmonisasi dalam bermusik adalah . . . .
A. 3 alat musik atau lebih digunakan sekaligus
B. Musik dan vokal terdengar harmonis
C. Suara musik tidak mendominasi
D. Artikulasi dan nada tepat
5. Manakah diantara pernyataan di bawah ini yang benar terkait dengan modul ajar?
A. Kegiatan pembelajaran harus direncanakan dalam satu kali pertemuan untuk satu tujuan pembelajaran.
B. Asesmen di awal pembelajaran dilakukan untuk menilai ketercapaian tujuan pembelajaran.
C. Model pembelajaran adalah komponen wajib pada modul ajar.
D. Satu modul ajar dapat disusun untuk satu atau lebih tujuan pembelajaran.
6. Bu Ani sedang mempelajari modul ajar yang didapatkannya dari Platform Merdeka Mengajar. Salah satu kegiatan yang ada di modul ajar tersebut adalah cara membuat ikan asin secara tradisional. Sekolah Bu Ani berada di daerah pertanian yang jauh dari laut sehingga kesulitan untuk melakukan kegiatan yang sama dengan modul ajar tersebut. Salah satu hasil alam yang melimpah di daerah Bu Ani adalah sawi. Bu Ani mengajak peserta didik untuk membuat sawi asin. Upaya modifikasi modul ajar yang dilakukan oleh Bu Ani dengan memperhatikan . . . .
A. Pembelajaran kontekstual
B. Pemahaman pembelajaran
C. Pembelajaran berkesinambungan
D. Konten isi pembelajaran
7. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini:
1. Membantu dalam menjelaskan manfaat pembelajaran dan tujuan pembelajaran
2. Membuktikan pemahaman yang dicapai setelah mempelajari topik tertentu
3. Meningkatkan motivasi intrinsik peserta didik
4. Menjadi umpan balik proses pembelajaran Pernyataan di atas yang terkait pemahaman bermakna ditunjukkan oleh nomor . . . .
A. 1 dan 3
B. 2 dan 4
C. 1 dan 2
D. 3 dan 4
8. Tidak semua pertanyaan yang diajukan Guru kepada
siswa adalah pertanyaan pemantik. Wiggins dan McTighe dalam bukunya The
Understanding by Design menyatakan bahwa ada beberapa pertanyaan yang hanya
mencari jawaban "resmi" dan benar (sesuai dengan buku teks) alih-alih
membutuhkan jawaban dan penyelidikan yang mendalam.
Jenis pertanyaan seperti ini akan
mempersingkat proses penyelidikan yang sebetulnya diperlukan sebagai jantung
pemahaman mendalam.
Berdasarkan hal tersebut, manakah yang merupakan pertanyaan pemantik dibawah ini?
A. Seorang Guru PAUD membawa sebuah buku kemudian bertanya “Kirakira siapa yang ada pada gambar ini?”
B. Seorang Guru Ekonomi bertanya “Apa pentingnya bagi kita mengetahui fakta angka inflasi naik setiap tahun?”
C. Seorang Guru Bahasa Indonesia bertanya “Apa saja cerita fiksi yang pernah kalian baca?”
D. Seorang Guru Geografi bertanya “Apakah bumi memiliki banyak lapisan tanah?”
E. Seorang Guru IPA bertanya “Bagaimana proses proses terjadinya hujan?”
9. Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam menyusun Asesmen adalah . . . .
A. Menentukan apa bukti-bukti yang dapat menunjukkan pemahaman peserta didik
B. Menentukan indikator pencapaian kompetensi
C. Menentukan alat ukur yang tepat
D. Menentukan lembar asesmen yang akan digunakan
10. Pak
Robert sedang mempelajari modul ajar yang didapatkannya dari Platform Merdeka
Mengajar. Karena mayoritas muridnya tidak memiliki telepon genggam untuk
mengakses internet, ada beberapa aktivitas dalam modul ajar yang tidak bisa ia
terapkan. Oleh karena itu, ia memodifikasi aktivitas menjadi kegiatan serupa
namun tidak memerlukan telepon genggam.
Upaya modifikasi modul ajar yang dilakukan Pak Robert tergolong...
A. Modifikasi terkait sarana dan prasarana belajar.
B. Modifikasi terkait konten isi.
C. Modifikasi asesmen.
D. Modifikasi materi.
E. Modifikasi model belajar.
11. Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini terkait keunggulan media ajar :
1. Bermanfaat untuk memberikan pengalaman sensorik.
2. Memudahkan peserta didik untuk memahami materi yang berkaitan dengan fenomena alam
3. Lebih disukai peserta didik karena melibatkan pengalaman audio visual yang disesuaikan dengan perkembangan peserta didik.
4. Mudah dipahami karena disajikan menggabungkan gambar, suara, dan teks.
Berdasarkan pernyataan di atas, keunggulan menggunakan media ajar berupa video ditunjukkan pada nomor . . . .
A. 1 dan 2
B. 3 dan 4
C. 1 dan 3
D. 2 dan 4
12. Berikut pernyataan yang bukan merupakan kriteria dari pemahaman bermakna adalah ...
A. Merupakan pemahaman praktis.
B. Mencerminkan kesimpulan dari pembelajaran.
C. Didapat melalui berbagai proses pencarian belajar.
D. Tidak memiliki jawaban 'benar' atau 'salah'.
13. Perhatikan pertanyaan-pertanyaan berikut ini :
1. Bagaimana cara mengukur panjang sebuah meja?
2. Alat apa saja yang dapat digunakan untuk mengukur meja?
3. Bagaimana cara menggunakan timbangan?
4. Apa yang bisa dilakukan untuk mengukur berat udara?
Bu Ami adalah seorang guru Fisika. Saat ini Bu Ami sedang menyampaikan pembelajaran mengenai pengukuran. Dari pertanyaan di atas, manakan pertanyaan pemantik yang dapat di gunakan oleh Bu Ami?
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 3
14. Produk akhir merupakan salah satu asesmen
sumatif, yaitu asesmen untuk evaluasi pada akhir proses pembelajaran.
Salah satu tujuan dari adanya asesmen ini adalah ...
A. Agar murid mendapatkan nilai
B. Untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
C. Agar guru bisa memberikan umpan balik seperti bagus, keren, pintar, pandai, cerdas, dan sebagainya
D. Untuk membandingkan yang didapatkan murid
E. Untuk menjadi data tambahan
15. Menumbuhkan minat untuk belajar, melibatkan peserta didik berkaitan dengan pengetahuan sebelumnya, serta menyesuaikan capaian belajarnya merupakan salah satu kriteria modul ajar, yaitu ....
A. Esensial
B. Menarik, bermakna, dan menantang
C. Relevan dan kontekstual
D. Berkesinambungan
16. Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini terkait keunggulan media ajar :
1. Memudahkan peserta didik untuk memahami materi yang berkaitan dengan fenomena alam
2. Mudah dipahami karena disajikan menggabungkan gambar, suara, dan teks.
3. Lebih disukai peserta didik karena dapat disajikan secara menarik.
4. Bermanfaat untuk memberikan pengalaman sensorik.
Berdasarkan pernyataan di atas, keunggulan menggunakan media ajar konkrit ditunjukkan pada nomor . . . .
A. 1 dan 2
B. 3 dan 4
C. 1 dan 4
D. 2 dan 3
17. Berikut pernyataan yang bukan merupakan kriteria dari pemahaman bermakna adalah ...
A. Merupakan pemahaman praktis.
B. Mencerminkan kesimpulan dari pembelajaran.
C. Didapat melalui berbagai proses pencarian belajar.
D. Tidak memiliki jawaban 'benar' atau 'salah'.
18.
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini :
1.
mengukur pencapaian hasil belajar
2.
mengetahui kemampuan awal peserta didik
3.
mengetahui kebutuhan belajar peserta didik
4.
mendapatkan nilai dari pencapaian hasil belajar
Dari pernyataan di atas, fungsi asesmen formatif ditunjukkan oleh nomor . . . .
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 1 dan 3
D. 2 dan 4
19. Pak
Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran Seni Musik. Pak Markus ingin
agar para peserta didik mampu merancang sebuah pagelaran seni secara
berkelompok. Pak Markus memberikan kebebasan kepada para peserta didik untuk
memilih jenis pagelaran musik yang akan ditampilkan.
Untuk proses penilaiannya, Pak Markus memutuskan akan menggunakan rubrik. Pak Markus akan menggunakan rubrik yang menilai 3 aspek yaitu penampilan, harmonisasi, dan variasi alat musik yang digunakan. Untuk menilai ketercapaian Tujuan Pembelajaran, maka yang perlu dilakukan Pak Markus adalah . . . .
A. Menentukan tujuan pembelajaran
B. Menentukan jenis asesmen
C. Menentukan capaian pembelajaran
D. Menentukan kriteria ketercapaian
20. Berikut merupakan peran media ajar dalam proses pembelajaran yang berpusat pada murid, kecuali
A. Meningkatkan pemahaman murid.
B. Membuat pelajaran menjadi lebih menarik dan efektif.
C. Jika sesuai minat murid, akan meningkatkan motivasi murid dalam belajar
D. Untuk menggantikan guru mengajar siswa tanpa perlu berinteraksi lagi
E. Pemilihan media yang sesuai dengan tingkat kompetensi murid dapat membantu guru merancang pembelajaran berdiferensiasi yang sesuai kebutuhan murid.
21. Dalam penyusunan asesmen, penentuan alat ukur
yang tepat sangat tergantung pada ....
a. Kriteria ketercapaian tujuan
pembelajaran.
b. Aspek dan tingkat capaian peserta
didik.
c. Capaian pembelajaran sesuai fase.
d. Lembar penilaian yang disiapkan
22. Apa komponen minimal modul ajar?
A Tujuan pembelajaran, profil peserta
didik, dan asesmen.
B Tujuan pembelajaran, asesmen. langkah
pembelajaran, dan media pembelajaran.
C Dimensi profil pelajar Pancasila,
profil peserta pidik, dan asesmen.
D Tujuan pembelajaran, profil peserta didik, dan langkah pembelajaran.
23. Pak Rudy adalah seorang guru Fisika. Pada
modul ajar yang didapatkannya dari Platform Merdeka Mengajar, Pak Rudy tertarik
dengan aktivitas peserta didik dalam mempraktikkan pembuktian nilai gaya
gravitasi. Di sekolah, alat dan bahan yang dibutuhkan sebagian sudah tersedia,
namun jumlahnya belum memadai dan belum lengkap. Upaya modifikasi yang dapat
dilakukan oleh Pak Rudy agar peserta didik tetap dapat mempraktikkan pembuktian
tersebut adalah . . . .
A Mengajak
peserta didik untuk praktik dengan memanfaatkan benda di sekitar mereka.
B
Melakukan praktik dengan menggunakan alat dan bahan yang tersedia.
C Mengajukan
pengadaan alat dan bahan praktik ke pihak sekolah.
D Meminta
peserta didik untuk menonton video terkait praktik tersebut.
24. Berikut merupakan peran media ajar dalam
proses pembelajaran yang berpusat pada murid, kecuali
A Meningkatkan
pemahaman murid.
B Membuat
pelajaran menjadi lebih menarik dan efektif.
C Jika sesuai
minat murid, akan meningkatkan motivasi murid dalam belajar
D Untuk menggantikan guru mengajar siswa tanpa perlu berinteraksi lagi
E Pemilihan media yang sesuai dengan tingkat kompetensi murid dapat membantu guru merancang pembelajaran berdiferensiasi yang sesuai kebutuhan murid.
Baca Juga:
0 Comments