Catatan:
- Jawaban tidak 100% BENAR
- Letak jawaban tidak selalu sama
- Kemungkinan kemungkinan soal keluar bisa lebih atau kurang
Post Test Modul 4 Mendidik dan
Melatih Kecerdasan Budi Pekerti
1. Ki Hadjar Dewantara beranggapan bahwa budi
pekerti adalah kemampuan kodrat manusia atau individu yang berkaitan dengan
bagian biologis dan berperan menentukan karakter seseorang. Berikut adalah
bagian biologis yang dimaksud, kecuali...
A. Rasa takut
B. Cemas
C. Percaya Diri
D. Pengetahuan
2. Menurut Ki Hajar Dewantara, apa yang
dimaksud dengan budi pekerti?
A. Bulatnya jiwa manusia yang merupakan hasil
dari bersatunya gerak pikiran, perasaan, dan kehendak atau kemauan sehingga
menimbulkan suatu tenaga.
B. Nilai-nilai karakter yang di dalamnya terdapat
komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, serta tindakan untuk melakukan
nilai-nilai tersebut.
C. Peraturan hidup yang timbul dari hasil
pergaulan kelompok manusia di dalam masyarakat dan dianggap sebagai tuntutan
pergaulan sehari-hari masyarakat tersebut.
D. Perangai yang menetap kuat dalam jiwa manusia dan merupakan sumber timbulnya perbuatan tertentu dari dirinya secara mudah dan ringan tanpa perlu dipikirkan dan direncanakan sebelumnya
3. Budi pekerti merupakan perpaduan dari
kualitas berikut ini, kecuali...
A. jiwa
B. cipta
C. karsa
D. rasa
4. Bagian yang berhubungan dengan rasa takut,
cemas, senang, percaya diri, dan perasaan lainnya merupakan...yang berperan
menentukan karakter seseorang.
A. bagian jasmani
B. bagian biologis
C. bagian intelligible
D. bagian keterampilan
5. Ketrampilan pikiran dan kemampuan menyerap
pengetahuan adalah bagian intelligible yang dapat berubah jika...
A. dibiarkan tanpa intervensi
B. dipengaruhi keadaan dan lingkungan
C. memiliki bakat tertentu
D. Ada kemauan
6. Tempat utama dan yang paling baik dalam
melatih karakter murid adalah...
A. Sekolah
B. Keluarga
C. Sahabat
D. Taman Kanak-Kanak
7. Memiliki sikap rendah hati dan memiliki
rasa empati merupakan bagian dari kecakapan...
A. Kognitif
B. Afektif
C. Psikomotorik
D. Budi Pekerti
8. Apa yang dapat dilakukan oleh pendidik
terhadap budi pekerti sebagai kemampuan kodrat murid?
A. Membantu murid menemukan budi pekertinya
B. Mengendalikan budi pekerti murid
C. Menemukan budi pekerti pada diri sendiri
D. Mengembangkan budi pekerti pada diri sendiri
9. Teori konvergensi didasarkan atas dua
teori utama, yaitu...
A. Teori ‘negatif’ dan teori ‘positif’
B. Teori ‘afektif’ dan teori ‘tabularasa’
C. Teori ‘tabularasa’ dan teori ‘negatif’
D. Teori ‘hereditas’ dan teori ‘behaviorisme
10. Proses belajar menumbuh kembangkan kecerdasan
budi pekerti murid sehingga mampu...
A. menebalkan tabiat asli dan watak biologis
B. menyamarkan watak - watak baik murid
C. menyamarkan tabiat asli dan watak biologis
D. menebalkan watak - watak tidak baik murid
11. Teori yang beranggapan bahwa kodrat anak
ibarat kertas kosong yang dapat diisi dan ditulis oleh pendidik dengan
pengetahuan dan wawasan yang diinginkan pendidik merupakan teori...
A. Hereditas
B. Negatif
C. Komplementer
D. Tabularasa
12. Ki Hadjar Dewantara membagi budi pekerti
menjadi dua bagian, yaitu...
A. Biologis dan intelligible
B. Biologis dan fisiologis
C. Intelligible dan fisiologis
D. Tabularasa dan biologis
Baca Juga:
0 Comments