Budi Pekerti
Kecerdasan berpikir murid harus dapat mengembangkan budi
pekerti atau watak murid yang tidak hanya diberntuk di sekolah, tetapi dalam
keluarga dan lingkungannya. VIdeo ini mengajak kita memahami bagaimana watak
atau budi pekerti diasah dan dilatihkan ke murid.
Referensi:
Ki Hadjar Dewantara - Ki Hadjar Dewantara (Pemikiran,
Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka). Cetakan ke 5: 2013.
Penerbit: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa bekerja sama
dengan Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa 2013
Teori Konvergensi dan Pengaruh
Pendidikan
KHD tidak serta merta menggunakan teori-teori barat dalam
pendidikan nasional. Beliau dengan cermat mengiidentifikasi teori-teori yang
sesuai dengan kepribadian bangsa.
Video ini mengajak kita belajar bersama bagaimana Ki Hadjar
Dewantara menggunakan teori konvergensi dan pengaruhnya terhadap sistem
pendidikan nasional.
Referensi:
Ki Hadjar Dewantara - Ki Hadjar Dewantara (Pemikiran,
Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka). Cetakan ke 5: 2013.
Penerbit: Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa bekerja sama
dengan Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa 2013.
Topik 1: Merdeka Belajar
Modul 4: Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti
Latihan Pemahaman: Menumbuhkan
Budi Pekerti
Pernyataan yang salah tentang budi pekerti adalah
o Budi
pekerti merupakan kodrat manusia
o Budi
pekerti merupakan bulatnya jiwa manusia hasil bersatunya pikiran, perasaan dan
kehendak.
o Budi
pekerti merupakan perpaduan cipta, rasa dan menghasilkan karya
o Budi pekerti atau watak hanya dibentuk di sekolah
Ki Hadjar Dewantara tidak serta merta percaya dengan dua
teori pendidikan yang berkembang pada saat itu, sehingga Ia mengintegrasikan
dua teori tersebut menjadi teori konvergensi. Kedua teori tersebut adalah ...
o Teori
positif dan teori negatif
o Teori
tabula rasa dan teori negatif
o Teori
medan dan teori tabula rasa
o Teori
gestalt dan teori tabula rasa
Cerita Refleksi
Bagaimana cara Anda menumbuhkan dan melatih budi pekerti
murid selama ini?
Jawaban:
Sebelum masuk ke dalam sekolah, pada pintu gerbang siswa
dibiasakan untuk menyapa, memberi salam, bersikap sopan, dan santun. Kemudian
siswa juga dibiasakan untuk memarkirkan sepeda sesuai dengan tempatnya. Pada
awal pembelajaran siswa dibiasakan untuk berdoa mengingat kepada sang Pencipta
dan bersyukur atas kesempatan belajar pada hari ini. Pada pembahasan materi
pembelajaran kita membiasanya siswa untuk menyapa guru dan teman, membiasakan
siswa untuk meminta ijin jika ingin menggunakan barang orang lain, meminta maaf
jika melakukan kesalahan, dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan teman
atau orang lain, serta pada akhir pembelajaran dibiasakan untuk mengucap salam
perpisahan.
Baca Juga
- Kunci Jawaban Post Test Modul Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti
0 Comments