Contoh Soal PPG 2023 #part1

 

Contoh Soal PPG (Part 1)

 

Berikut latihan soal lengkap Pretest PPG tahun 2023 meliputi tes kemampuan akademik, tes pedagogik, tes profesonal, dan tes minat bakat. Selamat belajar dan semoga sukses ujiannya

 

1.    Bahasa Indonesia Baku adalah bahasa Indonesia yang mengikuti kaidah atau pola bahasa Indonesia yang sedang berlaku. Penggunaan huruf miring pada kalimat di atas digunakan untuk…

A.   Menulis judul buku

B.    Menjelaskan atau mengkhususkan huruf, bagian kata, atau kelompok kata

C.    Menuliskan kata nama-nama ilmiah

D.   Menuliskan nama majalah

 

2.    Menyimak sebagai sebuah keterampilan berbahasa, karena …

A.   Menyimak sambil melakukan aktivitas lain tidak mampu menanggapi secara tepat

B.    Menyimak sambil melakukan aktifitas lain mampu menanggapi secara tepat

C.    Membaca sambil menyimak mampu menangkap pembicaraan secara benar

D.   Menyimak sambil menyanyi , ternyata dapat menanggapi secara tepat

 

3.    Teman-teman, pernah punya pengalaman seperti Fikri, nggak? Sewaktu dia bermain di sungai bersama teman-temannya, dia mnginjak batu sungai yang licin. Akibatnya dia terpeleset dan byuurrr... jatuh deh ke sungai. Waah... asyik, ya, bermain di sungai. Eh, teman-teman tahu nggak, mengapa batu di sungai halus dan licin sedangkan batu-batu di darat banyak yang kasar? Begini penjelasannya, simak ya....

Dalam bacaan di atas menggunakan ragam bahasa....

A.   Resmi

B.    Baku

C.   Tidak baku

D.   Daerah

 

4.    Peggunaan tanda baca yang benar dibawah ini adalah …

A.   Kita sekarang memerlukan meja. kursi. dan lemari.

B.    Kita, sekarang memerlukan meja, kursi, dan lemari !

C.   Kita sekarang memerlukan meja, kursi dan lemari.

D.   Kita sekarang memerlukan meja kursi dan lemari?

 

5.    Penggunaan huruf kapital di bawah ini yang benar adalah....

A.   “kapan bapak berangkat?” tanya dirman

B.    Presiden jokowi berkunjung ke blora.

C.   Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma

D.   teluk bone sungguh indah dan mengagumkan.

 

6.    Sastra Indonesia terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu ...

A.   Puisi, prosa, sajak

B.    Puisi, pantun, drama

C.   Puisi, prosa, drama

D.   Puisi, drama, sajak

 

7.    Hakekat karya sastra apapun bentuknya tetap sama yakni .....

A.   Pengalaman kemanusiaan dalam segala wujud dan dimensinya.

B.    Pengalaman kemanusiaan dalam segala wujud dan waktunya.

C.    Pengalaman kemanusiaan dalam segala hal.

D.   Pengalaman kemanusiaan dalam segala aspek kehidupan.

 

8.    Perhatikan dibawah ini

1)    Warna batunya merah menyala seperti api, bila terkena sinar matahari akan menyilaukan mata.

2)    Ayah memiliki batu akik yang sangat-sangat ia sukai.

3)    Batu akik ini sungguh ajaib karena seakan menyala saat lampu mati.

4)    Tidak salah jika Ayah sangat suka dengan batu akiknya ini.

Urutan kalimat-kalimat di atas agar menjadi paragraf yang padu adalah ...

A.   1 – 4 – 2 – 3

B.    1 – 3 – 2 – 4

C.   2 – 1 – 3 – 4

D.   2 – 3 – 4 – 1

 

9.    Merancang berbagai kegiatan menulis di kelas tinggi. Berikut adaah kegiatan menulis lanjutan di kelas tinggi,kecuali....

A.   Menulis tentang berbagai topik

B.    Menulis pengumuman

C.   Menulis pantun

D.   Menulis memo

 

10.  Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai suku dengan bahasa yang berbeda-beda, maka akan sulit berkomunikai kecuali ada satu bahasa pokok yang digunakan. Maka dari itu digunakanlah Bahasa Indonesia. Hal ini Bahasa Indonesia memiliki kedudukan dan fungsi....

A.   Sebagai lambang kebanggaan kebangsaan

B.    Sebagai alat pemersatu bangsa

C.   Sebagai alat perhubungan

D.   Sebagai lambang identitas nasional

 

11.  Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya. Ilustasi ini berkaitan dengan perkembangan ....

A.   kemampuan kognitif

B.    kemampuan interaksional

C.    kemampuan integrasi diri

D.   kemampuan komunikatif

Penjelasan: Kemampuan kognitif merupakan keterampilan berbasis otak yang diperlukan untuk melakukan tugas apapun dari yang sederhana hingga yang paling kompleks.

 

12.  Memilih berbagai metode menulis permulaan

1).   Menulis permulaan

2).   Merangkaikan huruf lepas menjadi suku kata

3).   Merangkaikan suku kata menjadi kata

4).   Menyusun kata menjadi kalimat

Tahapan diatas adalah teknik menulis permulaan dengan metode ............

A.   Metode Eja

B.    Metode Kata Lembaga

C.   Metode SAS

D.   Metode Global

Penjelasan: Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) adalah pembelajaran membaca permulaan menggunakan proses penguraian kalimat menjadi kata, kata menjadi suku kata, suku kata menjadi huruf/fonem itu kemudian dilanjutkan dengan proses sintetik.

 

13.  Berikut yang bukan dalam pembelajaran membaca permulaan beberapa metode yang dapat digunakan

A.   Metode Kupas rangkai suku kata

B.    Metode kata lembaga

C.    Metode SAS

D.   Metode Cerita

 

14.  Menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam konteks materi Statistika. Nilai rata-rata ulangan matematika dari 7 siswa adalah 6,50. Ketika nilai satu orang siswa ditambahkan, maka rata-ratanya menjadi 6,70. Nilai siswa yang ditambahkan adalah

A.   9, 10

B.    8, 10

C.    7, 10

D.   6, 10

 

15.  Menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam konteks materi Logika/Penalaran Matematika. Dari pernyataan berikut ini, manakah yang merupakan ingkaran dari pernyataan Jakarta Ibu kota RI.

A.   Jakarta bukan ibu kota RI

B.    Jakarta adalah ibu kota RI

C.    Benar bahwa Jakarta Ibukota Jakarta

D.   Benar bahwa Jakarta bukan Ibu kota dari RI

Penjelasan: ingkaran adalah penolakan dari pernyataan yang ada

 

16.  Berikut diberikan studi kasus :

Mula – mula diberikan kalimat secara keseluruhan. Kalimat itu diuraikan atas kata – kata yang mendukungnya. Dari kata – kata itu kita ceraikan atas suku – suku katanya dan akhirnya atas huruf – hurufnya.Kemudian huruf – huruf itu kita sintetiskan kembali menjadi suku kata, suku kata menjadi kata dan kata menjadi kalimat. Berdasarkan studi kasus metode membaca permulaan yang tepat digunakan adalah .........

A.   Metode Alfabet

B.    Metode Suku Kata

C.    Metode SAS

D.   Metode Cerita

 

17.  Untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan segala hal dalam konteks pendidikan digunakanlah Bahasa Indonesia. Hal tersebut merupakan fungsi Bahasa Indonesia sebagai....

A.   Alat perhubungan tingkat nasional

B.    Alat pengembangan kebudayaan dan IPTEK nasional

C.    Bahasa yang digunakan dalam peristiwa kenegaraan

D.   Bahasa pengantar di lembaga Pendidikan

 

18.  Jika besar sudut a adalah 70 derajat maka besar sudut e adalah … derajat

A.   90

B.    100

C.   110

D.   120

 

19.  Diketahui fungsi f : dan fungsi f ditentukan dengan rumus f (x) = x2 + 1, jika f (a) = 10, hitunglah nilai a yang mungkin.

A.   a = 3 atau a = -3

B.    a = -3 atau a = 3

C.    a = -3 atau a = -3

D.   a = 3 atau a = 3

Penjelasan:

f(x) X2 + 1

f(a) = 10

a2 + 1 = 10

a2 = 10 - 1

a2 = 9

a = akar 9

akar 9 = -3 atau 3

 

20.  Nugraha membeli 3kg jeruk dan 2kg jambu dan ia harus membayar Rp. 16.000 sedangkan Dewi membeli 6kg mangga dan 1kg jambu dengan harga Rp. 26.000. Berapakah harga 10kg jeruk dan 5kg?

A.   Rp. 30.000

B.    Rp. 32.000

C.    Rp. 40.000

D.   Rp. 50.000

 

21.  Mengklasifikasikan alat peraga dalam pembelajaran Geometri dan pengukuran Pak Arief ingin mengajarkan cara mengukur luas halaman sekolah dengan satuan meter. Alat peraga yang sebaiknya digunakan supaya pembelajaran menarik adalah…

A.   Pita garis bilangan, mistar, tangga garis

B.    Blok dienes, mistar, pita garis bilangan

C.    Mistar, uang logam, blok dienes

D.   Tangga garis, blok dienes, tangga garis

 

 

22.  Perhatikan sifat-sifat bangun datar berikut !

1)  mempunyai dua pasang sisi yang sama panjang

2)  mempunyai diagonal yang saling tegak lurus

3)  mempunyai sudut siku-siku

4)  mempunyai 2 pasang sisi sejajar

5)  mempunyai sepasang sudut sama besar

Dari sifat-sifat di atas yang merupakan sifat laying-layang adalah ….

A.   1), 2), 3)

B.    1), 3), 4)

C.    1), 3), 5)

D.   1), 2), 5)

 

23.  Menentukan alat peraga dalam pembelajaran bilangan

Bu Ani ingin mengajarkan kepada anak – anak kelas 1 tentang nilai tempat suatu bilangan (satuan, puluhan, ratusan, dan ribuan), media yang tepat digunakan Bu Ani dalam Pembelajaran tersebut adalah…

A.   Kartu bilangan

B.    Blok dienes

C.    Loncat katak

D.   Papan berpaku

Penjelasan:

Media Block Dienes adalah salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk menanamkan konsep dasar bilangan,nilai tempat, selain itu juga dapat digunakan untuk operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian kepada siswa sekolah dasar.

 

24.  Menentukan alat ukur dalam pembelajaranbgeometri dan pengukuran Ketidakpastian yang ada pada pengukuran tunggal ditetapkan sama dengan setengah skala terkecil dari alat ukur yang digunakan.Jika kita menggunakan mistar atau penggaris, maka ketidakpastiannya adalah sama dengan….

A.   0,05 cm

B.    0,01 cm

C.    0,1 cm

D.   1 cm

 

25.  Suku ke-4 dan suku ke-9 suatu barisan aritmatika berturut-turut adalah 110 dan 150. Suku ke 30 barisan tersebut adalah ….

A.   308

B.    318

C.    326

D.   344

 

26.  Menerapkan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam konteks materi pengukuran

Sebuah bak mandi diisi air mulai pukul 07.20 sampai dengan pukul 07.50 dengan debit air 10 liter/menit. Berapa liter volume air dalam bak mandi tersebut?

A.   3000 liter

B.    300 liter

C.    30 liter

D.   30000 liter

Penjelasannya

07.20 - 07.50 = 30 menit

volume = waktu x debit

30 x 10 = 300 liter

 

27.  Bus Trans Jakarta berisi penumpang berangkat dari terminal ke pasar, di halte pertama turun 4 orang, di halte kedua naik 2 orang sampai di pasar ternyata ada 15 orang. Berapa banyak penumpang yang naik pada terminal?

A.   17

B.    15

C.    13

D    11

 

28.  Jumlah dua buah bilangan sama dengan 20. Jika hasil kali kedua bilangan itu sama dengan 75, maka bilangan-bilangan tersebut adalah ...

A.   4 dan 16

B.    5 dan 15

C.    6 dan 14

D.   8 dan 12

Penjelasan dengan langkah-langkah:

misalkan

x + y = 20

x = 20 - y

xy = 75

(20 - y) y = 75

20y - y² = 75

y² - 20y + 75 = 0

(y - 5)(y - 15) = 0

 - 5 = 0         y - 15 = 0

y₁ = 5             y₂ = 15

x = 20 - y₁     x = 20 - y₂

x = 20 - 5      x = 20 - 15

x ₁= 15            x₂ = 5

 

29.  Novi mengendarai mobil dari Kota Semarang menuju Blora dengan kecepatan 40 km/jam, sedangkan Ima mengendarai mobil dari Blora menuju Semarang dengan kecepatan 60 km/jam. Jika jarak Kota Semarang dengan Blora adalah 125 km dan mereka berangkat pada pukul 07.00 maka pada pukul berapa mereka akan berpapasan?

A.   08.00

B.    08.15

C.    08.25

D.   08.30

 

30.  Suatu lapangan berbentuk persegi panjang dengan luas 120 m2. Panjang lapangan tersebut adalag 12 m. Berapakah kelilingnya?

A.   22 m

B.    24 m

C.    42 m

D.   44 m

Penjelasan dengan langkah-langkah:

rumus luas persegi panjang= PxL           

120=12xL

L=120/12=10

dan rumus K persegi panjang= 2P+2L

2.12+10.2= 44m

 

31.  Harga 2 koper dan 5 tas adalah Rp 600.000,00, sedangkan harga 3 koper dan 2 tas adalah Rp 570.000,00. Harga sebuah koper dan tas adalah

A.        Rp 240.000,00

B.        Rp 270.000,00

C.        Rp 330.000,00

D.        Rp 390.000,00

Penjelasan:

Misalnya :

x= koper

y= tas

 

2x + 5y= 600.000  |dikali 3|

3x + 2y= 570.000  |dikali 2|

 

mancari nilai y :

6x + 15y= 1.800.000

6x + 4y= 1.140.000  _

       11y= 660.000

           y= 660.000/11

           y= 60.000

 

mencari nilai x :

2x + 5y= 600.000

2x + 5(60.000)= 600.000

2x + 300.000= 600.000

2x= 600.000 - 300.000

2x= 300.000

x= 300.000/2

x= 150.000

 

Maka:

x + 2y

150.000 + 2(60.000)

150.000 + 120.000

270.000

 

Jadi, harga sebuah koper dan 2 tas adalah Rp 270.000,00

 

32.  Nilai x yang memenuhi sistem persamaan 1 + 1 = 10 dan 5 - 2 = 26 adalah ...

A.   - 2 3

B.    - 1 6

C.   1 7

D.   1 2

 

33.  Data nilai siswa kelas VI berturut turut adalah 8, 7, 6, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 7. Dari data tersebut berapakah mediannya?

A.   8

B.    7,5

C.   7

D.   6,5

Penjelasan:

Median adalah nilai di tengah deret nilai yang disusun dengan data urut dari yang kecil sampai besar

 

34.  Menerapkan pengetahuan, konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam konteks materi Geometri. Dari barisan geometri diketahui bahwa U3 = 4 dan U9 = 256, maka tentukan U12!

A.   2048

B.    2049

C.    2047

D.   2046

 

35.  Berapakah FPB dan KPK dari 126 dan 198 ...

A.   9 dan 1386

B.    18 dan 1386

C.   18 dan 1368

D.   9 dan 1368

 

36.  Mengurutkan perkembangaran sejarah di Indonesia. Bagaimana keadaan Indonesia setelah adanya perjanjian KMB?

A.   Indonesia terbagi menjadi 8 provinsi

B.    Ibu kota negara Indonesia dipindahkan ke Yogyakarta

C.   Indonesia menjadi negara serikat (RIS)

D.   Irian Barat berintegrasi dengan Indonesia

 

37.  Membuktikan potensi sumber daya alam di Indonesia. (diberikan soal kasus) Negara Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah, salah satunya yaitu timah. Daerah yang menghasilkan lebih dari 20% produksi timah putih dunia adalah . . .

A.   Pulau Bangka, Belitung, dan Singkep

B.    Kepulauan Natuna

C.    Pulau Bali, Lombok, Nusa Penida

D.   Pulau Kalimantan

 

38.  Menggali pengalaman butir-butir Pancasila

Mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan, merupakan pengalaman Pancasila sila ke- . . .

A.   Satu

B.    Dua

C.    Tiga

d.    Lima

 

39.  Mengemukakan suku bangsa yang ada di Indonesia. (diberikan kasus salah satu suku bangsa di Indonesia) Bangsa Indonesia memiliki ratusan suku bangsa beserta adat dan budayanya. Masing- masing suku mempunyai keunikan tersendiri yang merupakan kekayaan budaya nasional. Berikut ciri-ciri salah satu suku yang ada di pulau Jawa :

-    Tidak diperkenankan menggunakan kendaraan untuk sarana transportasi

-    Tidak diperkenankan menggunakan alas kaki

-    Larangan menggunakan alat elektronik

-    Pintu rumah harus menghadap utara/selatan Suku tersebut adalah. . .

A.   Suku Asmat

B.    Suku Bugis

C.   Buku Badui

D.   Suku Dayak

 

40.  Mengurutkan ruang lingkup pembelajaran IPS SD. Ruang lingkup pembelajaran IPS SD yaitu. . .

A.   Masyarakat, Norma, Budaya, Waktu

B.    Manusia, Waktu, Sistem Sosial dan Budaya, Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan

C.    Manusia, Kerja, Nilai dan Norma, Peningkatan Kesejahteraan

D.   Masyarakat, Kerja, Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan, Waktu

 

 

41.  Memecahkan Pembelajaran IPS SD (diberikan kasus dalam pembelajaran, peserta dapat menyimpulkan pembelajaran dalam kasus tersebut)

 

Bu fitri adalah guru SD Negeri 2 Sukamakmur ,mengajar di kelas Beliau memberikan pelajaran IPS,dengan materi “ Menceritakan Pengalaman Diri. Sebelum memulai pelajaran, anak – anak berbaris di depan kelas,kemudian diperiksa kebersihannya, terutama kuku tangan dan telinga.Sambil diperiksa anak masuk kedalam kelas satu persatu. Anak - anak diajak berdoa dan kemudian mengucapkan salam.

 

Sebelum memberikan materi, memberi motivasi kepada anak, saya bertanya “siapa tadi yangtidak mandi” anak – anak terdiam. Mari kita nyanyikan lagu bangun tidur ku terus mandi,tidak lupa menggosok gigi, habis mandi kutolong ibu, membersihkan tempat tidurku. Kesimpulan dari pembelajaran IPS yang dilakukan bu Fitri adalah….

A.   Guru kurang memotivasi anak dalam pembelajaran

B.    Guru mengajak siswa bernyanyi untuk memotivasi anak

C.   Anak – anak hanya diam saja saat diberi pertanyaan dalam pembelajaran karena guru kurang memotivasi anak

D.   Guru memberikan motivasi kepada siswa dalam pembelajaran

 

42.  Mengklasifikasikan tujuan IPS dalam pembelajaran di SD

Apa tujuan IPS dalam pembelajaran di SD?

A.   Menolong siswa untuk mengembangkan bakatnya

B.    Membantu siswa dalam menentukan cita-cita yang ingin diraihnya di masa mendatang

C.    Menyediakan kesempatan kepada siswa untuk berekspresi lingkungan masyarakat

D.   Memberikan kepada Siswa pengetahuan tentang pengalaman manusia dalam kehidupan ber masyarakat pada masa lalu, sekarang dan masa akan datang

 

43.  Menemukan makna Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari

Eko adalah siswa kelas V SD Bumi Pertiwi. Pada suatu hari Pak Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Eko mendapat kelompok dengan Togar, Lusi, Intan dan Rully. Bagaiman sebaiknya sikap Eko?

A.   Eko bersedia satu kelompok dengan Togar karena Togar orang Batak sedangkan di orang Jawa

B.    Eko tidak bersedia satu kelompok dengan Rully karena Rully bukan teman dekatnya

C.    Eko bersedia berkelompok dengan mereka karena mereka semua pandai

D.   Eko bersedia berkelompok dengan siapun karena semua adalah teman

 

44.  Mempelajari sejarah setiap masyarakat menjadi lebih baik. Pernyataan tersebut adalah manfaat mempelajari sejarah dalam hal ...

A.   Sejarah dapat memberikan kesenangan dan kegembiraan

B.    Sejarah dapat digunakan sebagai pedoman bagi suatu bangsa

C.    Sejarah dapat dijadikan sebagai profesi

D.   Sejarah dapat mengetahui kejadian masa lampau

 

45.  Negara Kesatuan Republik Indonesia terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa, ras, agama, dan kepercayaan. Yang semuanya diikat dalam satu pedoman Bhinneka Tunggal Ikan dengan lambang negara Garuda Pancasila. Kedua hal tersebut diatur dalam Undang- Undang Negara nomor..

A.   UU no 15 tahun 2006

B.    UU no 17 tahun 2006

C.   UU no 24 tahun 2009

D.   UU no 38 tahun 2009

 

46.  Apakah persamaan hubungan antara sejarah dengan antropologi..

A.   Menempatkan manusia sebagai subyek dan obyek dalam kajiannya

B.    Keduanya menunjukkan proses yang mencakup keterlibatan para pelaku

C.    Terlibat dalam faktor-faktor eksternal yang bersifat sosiologis

D.   Berorientasi terhadap pandangan hidup para pelakunya

 

47.  Menganalisis nilai kegunaan mempelajari sejarah bagi siswa

Bagi siswa mempelajari sejarah memiliki beberapa manfaat. Berikut yang bukan merupakan manfaat mempelajari sejarah bagi siswa yaitu. . .

A.   Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan

B.    Menumbuhkan pemahaman peserta didik terhadap landasan sikap yang akan ditempuhnya

C.    Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah dan metodologi keilmuan

D.   Menumbuhkan apresisasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah sebagai bukti peradaban bangsa Indonesia di masa lampau

 

48.  Dibawah ini yang bukan termasuk gejala alam biotik yaitu...

A.   Metamorfosis

B.    Fotosintesis

C.    Penyerbukan

D.   Erosi

 

49.  Metamorfosis adalah suatu proses perkembangan biologi pada hewan yang melibatkan perubahan penampilan fisik setelah kelahiran atau penetasan. Dibawah ini adalah contoh serangga yang tidak mengalami metamorfosis yaitu...

A.   Belalang

B.    Nyamuk

C.    Lalat

D.   Semut

 

50.  Kegiatan yang harus dilakukan setelah pembelajaran adalah melakukan refleksi. Tujuan dilakukan refleksi pembelajaran bagi pendidik antara lain adalah ….

A.   Untuk menganalisis tingkat keberhasilan proses dan hasil belajar peserta didik

B.    Untuk melakukan evaluasi diri terhadap hasil belajar yang telah dilakukan

C.    untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pembelajaran

D.   Untuk mengembangkan model pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu

 

 

Disclaimer:

1. Setiap soal telah disesuaikan dengan beberapa soal PPG tahun lalu.

2. Soal tidak menjamin akan muncul di pretes PPG 2023

3. Kunci jawaban tidak menjamin mutlak kebenarannya



Post a Comment

0 Comments