Contoh
Soal PPG (Part 1)
Berikut
latihan soal lengkap Pretest PPG tahun 2023 meliputi tes kemampuan akademik,
tes pedagogik, tes profesonal, dan tes minat bakat. Selamat belajar dan semoga
sukses ujiannya
1. Bahasa Indonesia Baku adalah bahasa
Indonesia yang mengikuti kaidah atau pola bahasa Indonesia yang sedang berlaku.
Penggunaan huruf miring pada kalimat di atas digunakan untuk…
A. Menulis judul buku
B. Menjelaskan
atau mengkhususkan huruf, bagian kata, atau kelompok kata
C. Menuliskan kata nama-nama ilmiah
D. Menuliskan nama majalah
2. Menyimak sebagai sebuah keterampilan
berbahasa, karena …
A. Menyimak sambil melakukan aktivitas lain
tidak mampu menanggapi secara tepat
B. Menyimak
sambil melakukan aktifitas lain mampu menanggapi secara tepat
C. Membaca sambil menyimak mampu menangkap
pembicaraan secara benar
D. Menyimak sambil menyanyi , ternyata dapat
menanggapi secara tepat
3. Teman-teman, pernah punya pengalaman seperti
Fikri, nggak? Sewaktu dia bermain di sungai bersama teman-temannya, dia
mnginjak batu sungai yang licin. Akibatnya dia terpeleset dan byuurrr... jatuh
deh ke sungai. Waah... asyik, ya, bermain di sungai. Eh, teman-teman tahu
nggak, mengapa batu di sungai halus dan licin sedangkan batu-batu di darat
banyak yang kasar? Begini penjelasannya, simak ya....
Dalam bacaan di
atas menggunakan ragam bahasa....
A. Resmi
B. Baku
C. Tidak
baku
D. Daerah
4. Peggunaan tanda baca yang benar dibawah ini
adalah …
A. Kita sekarang memerlukan meja. kursi. dan
lemari.
B. Kita, sekarang memerlukan meja, kursi, dan
lemari !
C. Kita
sekarang memerlukan meja, kursi dan lemari.
D. Kita sekarang memerlukan meja kursi dan
lemari?
5. Penggunaan huruf kapital di bawah ini yang
benar adalah....
A. “kapan bapak berangkat?” tanya dirman
B. Presiden jokowi berkunjung ke blora.
C. Dari
Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma
D. teluk bone sungguh indah dan mengagumkan.
6. Sastra Indonesia terbagi menjadi beberapa
jenis, yaitu ...
A. Puisi, prosa, sajak
B. Puisi, pantun, drama
C. Puisi,
prosa, drama
D. Puisi, drama, sajak
7. Hakekat karya sastra apapun bentuknya tetap
sama yakni .....
A. Pengalaman
kemanusiaan dalam segala wujud dan dimensinya.
B. Pengalaman kemanusiaan dalam segala wujud
dan waktunya.
C. Pengalaman kemanusiaan dalam segala hal.
D. Pengalaman kemanusiaan dalam segala aspek
kehidupan.
8. Perhatikan dibawah ini
1) Warna batunya merah menyala seperti api,
bila terkena sinar matahari akan menyilaukan mata.
2) Ayah memiliki batu akik yang sangat-sangat
ia sukai.
3) Batu akik ini sungguh ajaib karena seakan
menyala saat lampu mati.
4) Tidak salah jika Ayah sangat suka dengan
batu akiknya ini.
Urutan
kalimat-kalimat di atas agar menjadi paragraf yang padu adalah ...
A. 1 – 4 – 2 – 3
B. 1 – 3 – 2 – 4
C. 2
– 1 – 3 – 4
D. 2 – 3 – 4 – 1
9. Merancang berbagai kegiatan menulis di kelas
tinggi. Berikut adaah kegiatan menulis lanjutan di kelas tinggi,kecuali....
A. Menulis tentang berbagai topik
B. Menulis pengumuman
C. Menulis
pantun
D. Menulis memo
10. Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai
suku dengan bahasa yang berbeda-beda, maka akan sulit berkomunikai kecuali ada
satu bahasa pokok yang digunakan. Maka dari itu digunakanlah Bahasa Indonesia.
Hal ini Bahasa Indonesia memiliki kedudukan dan fungsi....
A. Sebagai lambang kebanggaan kebangsaan
B. Sebagai alat pemersatu bangsa
C. Sebagai
alat perhubungan
D. Sebagai lambang identitas nasional
11. Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi
masalah yang mereka hadapi, lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk
mendapatkan solusinya. Ilustasi ini berkaitan dengan perkembangan ....
A. kemampuan
kognitif
B. kemampuan interaksional
C. kemampuan integrasi diri
D. kemampuan komunikatif
Penjelasan:
Kemampuan kognitif merupakan keterampilan berbasis otak yang diperlukan untuk
melakukan tugas apapun dari yang sederhana hingga yang paling kompleks.
12. Memilih berbagai metode menulis permulaan
1). Menulis permulaan
2). Merangkaikan huruf lepas menjadi suku kata
3). Merangkaikan suku kata menjadi kata
4). Menyusun kata menjadi kalimat
Tahapan diatas
adalah teknik menulis permulaan dengan metode ............
A. Metode Eja
B. Metode Kata Lembaga
C. Metode
SAS
D. Metode Global
Penjelasan: Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik)
adalah pembelajaran membaca permulaan menggunakan proses penguraian kalimat
menjadi kata, kata menjadi suku kata, suku kata menjadi huruf/fonem itu
kemudian dilanjutkan dengan proses sintetik.
13. Berikut yang bukan dalam pembelajaran membaca
permulaan beberapa metode yang dapat digunakan
A. Metode Kupas rangkai suku kata
B. Metode kata lembaga
C. Metode SAS
D. Metode
Cerita
14. Menggunakan pengetahuan konseptual,
prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam konteks materi Statistika. Nilai
rata-rata ulangan matematika dari 7 siswa adalah 6,50. Ketika nilai satu orang
siswa ditambahkan, maka rata-ratanya menjadi 6,70. Nilai siswa yang ditambahkan
adalah
A. 9, 10
B. 8,
10
C. 7, 10
D. 6, 10
15. Menggunakan pengetahuan konseptual,
prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam konteks materi Logika/Penalaran
Matematika. Dari pernyataan berikut ini, manakah yang merupakan ingkaran dari
pernyataan Jakarta Ibu kota RI.
A. Jakarta
bukan ibu kota RI
B. Jakarta adalah ibu kota RI
C. Benar bahwa Jakarta Ibukota Jakarta
D. Benar bahwa Jakarta bukan Ibu kota dari RI
Penjelasan: ingkaran adalah penolakan dari pernyataan
yang ada
16. Berikut diberikan studi kasus :
Mula – mula
diberikan kalimat secara keseluruhan. Kalimat itu diuraikan atas kata – kata
yang mendukungnya. Dari kata – kata itu kita ceraikan atas suku – suku katanya
dan akhirnya atas huruf – hurufnya.Kemudian huruf – huruf itu kita sintetiskan
kembali menjadi suku kata, suku kata menjadi kata dan kata menjadi kalimat.
Berdasarkan studi kasus metode membaca permulaan yang tepat digunakan adalah
.........
A. Metode Alfabet
B. Metode
Suku Kata
C. Metode SAS
D. Metode Cerita
17. Untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan
segala hal dalam konteks pendidikan digunakanlah Bahasa Indonesia. Hal tersebut
merupakan fungsi Bahasa Indonesia sebagai....
A. Alat perhubungan tingkat nasional
B. Alat pengembangan kebudayaan dan IPTEK
nasional
C. Bahasa yang digunakan dalam peristiwa
kenegaraan
D. Bahasa
pengantar di lembaga Pendidikan
18. Jika besar sudut a adalah 70 derajat maka
besar sudut e adalah … derajat
A. 90
B. 100
C. 110
D. 120
19. Diketahui fungsi f : dan fungsi f ditentukan
dengan rumus f (x) = x2 + 1, jika f (a) = 10, hitunglah nilai a yang mungkin.
A. a = 3 atau a = -3
B. a
= -3 atau a = 3
C. a = -3 atau a = -3
D. a = 3 atau a = 3
Penjelasan:
f(x) X2 + 1
f(a) = 10
a2 + 1 = 10
a2 = 10 - 1
a2 = 9
a = akar 9
akar 9 = -3 atau
3
20. Nugraha membeli 3kg jeruk dan 2kg jambu dan ia
harus membayar Rp. 16.000 sedangkan Dewi membeli 6kg mangga dan 1kg jambu
dengan harga Rp. 26.000. Berapakah harga 10kg jeruk dan 5kg?
A. Rp. 30.000
B. Rp. 32.000
C. Rp. 40.000
D. Rp.
50.000
21. Mengklasifikasikan alat peraga dalam
pembelajaran Geometri dan pengukuran Pak Arief ingin mengajarkan cara mengukur
luas halaman sekolah dengan satuan meter. Alat peraga yang sebaiknya digunakan
supaya pembelajaran menarik adalah…
A. Pita
garis bilangan, mistar, tangga garis
B. Blok dienes, mistar, pita garis bilangan
C. Mistar, uang logam, blok dienes
D. Tangga garis, blok dienes, tangga garis
22. Perhatikan sifat-sifat bangun datar berikut !
1) mempunyai dua pasang sisi yang sama panjang
2) mempunyai diagonal yang saling tegak lurus
3) mempunyai sudut siku-siku
4) mempunyai 2 pasang sisi sejajar
5) mempunyai sepasang sudut sama besar
Dari sifat-sifat
di atas yang merupakan sifat laying-layang adalah ….
A. 1), 2), 3)
B. 1), 3), 4)
C. 1), 3), 5)
D. 1),
2), 5)
23. Menentukan alat peraga dalam pembelajaran
bilangan
Bu Ani ingin
mengajarkan kepada anak – anak kelas 1 tentang nilai tempat suatu bilangan
(satuan, puluhan, ratusan, dan ribuan), media yang tepat digunakan Bu Ani dalam
Pembelajaran tersebut adalah…
A. Kartu bilangan
B. Blok
dienes
C. Loncat katak
D. Papan berpaku
Penjelasan:
Media Block Dienes adalah salah satu
media pembelajaran yang dapat digunakan untuk menanamkan konsep dasar
bilangan,nilai tempat, selain itu juga dapat digunakan untuk operasi
penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian kepada siswa sekolah dasar.
24. Menentukan alat ukur dalam
pembelajaranbgeometri dan pengukuran Ketidakpastian yang ada pada pengukuran
tunggal ditetapkan sama dengan setengah skala terkecil dari alat ukur yang
digunakan.Jika kita menggunakan mistar atau penggaris, maka ketidakpastiannya
adalah sama dengan….
A. 0,05 cm
B. 0,01 cm
C. 0,1 cm
D. 1 cm
25. Suku ke-4 dan suku ke-9 suatu barisan
aritmatika berturut-turut adalah 110 dan 150. Suku ke 30 barisan tersebut
adalah ….
A. 308
B. 318
C. 326
D. 344
26. Menerapkan pengetahuan konseptual, prosedural,
dan keterkaitan keduanya dalam konteks materi pengukuran
Sebuah bak mandi
diisi air mulai pukul 07.20 sampai dengan pukul 07.50 dengan debit air 10
liter/menit. Berapa liter volume air dalam bak mandi tersebut?
A. 3000 liter
B. 300
liter
C. 30 liter
D. 30000 liter
Penjelasannya
07.20
- 07.50 = 30 menit
volume
= waktu x debit
30
x 10 = 300 liter
27. Bus Trans Jakarta berisi penumpang berangkat
dari terminal ke pasar, di halte pertama turun 4 orang, di halte kedua naik 2
orang sampai di pasar ternyata ada 15 orang. Berapa banyak penumpang yang naik
pada terminal?
A. 17
B. 15
C. 13
D 11
28. Jumlah dua buah bilangan sama dengan 20. Jika
hasil kali kedua bilangan itu sama dengan 75, maka bilangan-bilangan tersebut
adalah ...
A. 4 dan 16
B. 5
dan 15
C. 6 dan 14
D. 8 dan 12
Penjelasan dengan langkah-langkah:
misalkan
x
+ y = 20
x
= 20 - y
xy
= 75
(20
- y) y = 75
20y
- y² = 75
y²
- 20y + 75 = 0
(y
- 5)(y - 15) = 0
- 5 = 0
y - 15 = 0
y₁
= 5 y₂ = 15
x
= 20 - y₁ x = 20 - y₂
x =
20 - 5 x = 20 - 15
x
₁= 15 x₂ = 5
29. Novi mengendarai mobil dari Kota Semarang
menuju Blora dengan kecepatan 40 km/jam, sedangkan Ima mengendarai mobil dari
Blora menuju Semarang dengan kecepatan 60 km/jam. Jika jarak Kota Semarang dengan
Blora adalah 125 km dan mereka berangkat pada pukul 07.00 maka pada pukul
berapa mereka akan berpapasan?
A. 08.00
B. 08.15
C. 08.25
D. 08.30
30. Suatu lapangan berbentuk persegi panjang
dengan luas 120 m2. Panjang lapangan tersebut adalag 12 m. Berapakah
kelilingnya?
A. 22 m
B. 24 m
C. 42 m
D. 44
m
Penjelasan dengan langkah-langkah:
rumus
luas persegi panjang= PxL
120=12xL
L=120/12=10
dan
rumus K persegi panjang= 2P+2L
2.12+10.2=
44m
31. Harga 2 koper dan 5 tas adalah Rp 600.000,00,
sedangkan harga 3 koper dan 2 tas adalah Rp 570.000,00. Harga sebuah koper dan
tas adalah
A. Rp 240.000,00
B. Rp
270.000,00
C. Rp 330.000,00
D. Rp 390.000,00
Penjelasan:
Misalnya
:
x=
koper
y=
tas
2x
+ 5y= 600.000 |dikali 3|
3x
+ 2y= 570.000 |dikali 2|
mancari
nilai y :
6x
+ 15y= 1.800.000
6x
+ 4y= 1.140.000 _
11y= 660.000
y= 660.000/11
y= 60.000
mencari
nilai x :
2x
+ 5y= 600.000
2x
+ 5(60.000)= 600.000
2x
+ 300.000= 600.000
2x=
600.000 - 300.000
2x=
300.000
x=
300.000/2
x=
150.000
Maka:
x
+ 2y
150.000
+ 2(60.000)
150.000
+ 120.000
270.000
Jadi,
harga sebuah koper dan 2 tas adalah Rp 270.000,00
32. Nilai x yang memenuhi sistem persamaan 1 + 1 =
10 dan 5 - 2 = 26 adalah ...
A. - 2 3
B. - 1 6
C. 1
7
D. 1 2
33. Data nilai siswa kelas VI berturut turut
adalah 8, 7, 6, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 7. Dari data tersebut berapakah mediannya?
A. 8
B. 7,5
C. 7
D. 6,5
Penjelasan:
Median
adalah nilai di tengah deret nilai yang disusun dengan data urut dari yang
kecil sampai besar
34. Menerapkan pengetahuan, konseptual,
prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam konteks materi Geometri. Dari
barisan geometri diketahui bahwa U3 = 4 dan U9 = 256, maka tentukan U12!
A. 2048
B. 2049
C. 2047
D. 2046
35. Berapakah FPB dan KPK dari 126 dan 198 ...
A. 9 dan 1386
B. 18 dan 1386
C. 18
dan 1368
D. 9 dan 1368
36. Mengurutkan perkembangaran sejarah di
Indonesia. Bagaimana keadaan Indonesia setelah adanya perjanjian KMB?
A. Indonesia terbagi menjadi 8 provinsi
B. Ibu kota negara Indonesia dipindahkan ke
Yogyakarta
C. Indonesia
menjadi negara serikat (RIS)
D. Irian Barat berintegrasi dengan Indonesia
37. Membuktikan potensi sumber daya alam di
Indonesia. (diberikan soal kasus) Negara Indonesia memiliki sumber daya alam
yang melimpah, salah satunya yaitu timah. Daerah yang menghasilkan lebih dari
20% produksi timah putih dunia adalah . . .
A. Pulau
Bangka, Belitung, dan Singkep
B. Kepulauan Natuna
C. Pulau Bali, Lombok, Nusa Penida
D. Pulau Kalimantan
38. Menggali pengalaman butir-butir Pancasila
Mengembangkan
perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan
kegotongroyongan, merupakan pengalaman Pancasila sila ke- . . .
A. Satu
B. Dua
C. Tiga
d. Lima
39. Mengemukakan suku bangsa yang ada di
Indonesia. (diberikan kasus salah satu suku bangsa di Indonesia) Bangsa
Indonesia memiliki ratusan suku bangsa beserta adat dan budayanya. Masing-
masing suku mempunyai keunikan tersendiri yang merupakan kekayaan budaya
nasional. Berikut ciri-ciri salah satu suku yang ada di pulau Jawa :
- Tidak diperkenankan menggunakan kendaraan
untuk sarana transportasi
- Tidak diperkenankan menggunakan alas kaki
- Larangan menggunakan alat elektronik
- Pintu rumah harus menghadap utara/selatan
Suku tersebut adalah. . .
A. Suku Asmat
B. Suku Bugis
C. Buku
Badui
D. Suku Dayak
40. Mengurutkan ruang lingkup pembelajaran IPS SD.
Ruang lingkup pembelajaran IPS SD yaitu. . .
A. Masyarakat, Norma, Budaya, Waktu
B. Manusia,
Waktu, Sistem Sosial dan Budaya, Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan
C. Manusia, Kerja, Nilai dan Norma, Peningkatan
Kesejahteraan
D. Masyarakat, Kerja, Perilaku Ekonomi dan
Kesejahteraan, Waktu
41. Memecahkan Pembelajaran IPS SD (diberikan
kasus dalam pembelajaran, peserta dapat menyimpulkan pembelajaran dalam kasus
tersebut)
Bu fitri adalah
guru SD Negeri 2 Sukamakmur ,mengajar di kelas Beliau memberikan pelajaran
IPS,dengan materi “ Menceritakan Pengalaman Diri. Sebelum memulai pelajaran,
anak – anak berbaris di depan kelas,kemudian diperiksa kebersihannya, terutama
kuku tangan dan telinga.Sambil diperiksa anak masuk kedalam kelas satu persatu.
Anak - anak diajak berdoa dan kemudian mengucapkan salam.
Sebelum
memberikan materi, memberi motivasi kepada anak, saya bertanya “siapa tadi yangtidak
mandi” anak – anak terdiam. Mari kita nyanyikan lagu bangun tidur ku terus
mandi,tidak lupa menggosok gigi, habis mandi kutolong ibu, membersihkan tempat
tidurku. Kesimpulan dari pembelajaran IPS yang dilakukan bu Fitri adalah….
A. Guru kurang memotivasi anak dalam
pembelajaran
B. Guru mengajak siswa bernyanyi untuk
memotivasi anak
C. Anak
– anak hanya diam saja saat diberi pertanyaan dalam pembelajaran karena guru
kurang memotivasi anak
D. Guru memberikan motivasi kepada siswa dalam
pembelajaran
42. Mengklasifikasikan tujuan IPS dalam
pembelajaran di SD
Apa tujuan IPS
dalam pembelajaran di SD?
A. Menolong siswa untuk mengembangkan bakatnya
B. Membantu siswa dalam menentukan cita-cita
yang ingin diraihnya di masa mendatang
C. Menyediakan kesempatan kepada siswa untuk
berekspresi lingkungan masyarakat
D. Memberikan
kepada Siswa pengetahuan tentang pengalaman manusia dalam kehidupan ber
masyarakat pada masa lalu, sekarang dan masa akan datang
43. Menemukan makna Bhineka Tunggal Ika dalam
kehidupan sehari-hari
Eko adalah siswa
kelas V SD Bumi Pertiwi. Pada suatu hari Pak Guru membagi kelas menjadi
beberapa kelompok. Eko mendapat kelompok dengan Togar, Lusi, Intan dan Rully.
Bagaiman sebaiknya sikap Eko?
A. Eko bersedia satu kelompok dengan Togar karena
Togar orang Batak sedangkan di orang Jawa
B. Eko tidak bersedia satu kelompok dengan
Rully karena Rully bukan teman dekatnya
C. Eko bersedia berkelompok dengan mereka
karena mereka semua pandai
D. Eko
bersedia berkelompok dengan siapun karena semua adalah teman
44. Mempelajari sejarah setiap masyarakat menjadi
lebih baik. Pernyataan tersebut adalah manfaat mempelajari sejarah dalam hal
...
A. Sejarah dapat memberikan kesenangan dan
kegembiraan
B. Sejarah
dapat digunakan sebagai pedoman bagi suatu bangsa
C. Sejarah dapat dijadikan sebagai profesi
D. Sejarah dapat mengetahui kejadian masa lampau
45. Negara Kesatuan Republik Indonesia terdiri
atas beraneka ragam budaya, bahasa, ras, agama, dan kepercayaan. Yang semuanya
diikat dalam satu pedoman Bhinneka Tunggal Ikan dengan lambang negara Garuda
Pancasila. Kedua hal tersebut diatur dalam Undang- Undang Negara nomor..
A. UU no 15 tahun 2006
B. UU no 17 tahun 2006
C. UU
no 24 tahun 2009
D. UU no 38 tahun 2009
46. Apakah persamaan hubungan antara sejarah
dengan antropologi..
A. Menempatkan
manusia sebagai subyek dan obyek dalam kajiannya
B. Keduanya menunjukkan proses yang mencakup
keterlibatan para pelaku
C. Terlibat dalam faktor-faktor eksternal yang
bersifat sosiologis
D. Berorientasi terhadap pandangan hidup para
pelakunya
47. Menganalisis nilai kegunaan mempelajari
sejarah bagi siswa
Bagi siswa
mempelajari sejarah memiliki beberapa manfaat. Berikut yang bukan merupakan
manfaat mempelajari sejarah bagi siswa yaitu. . .
A. Membangun kesadaran peserta didik tentang
pentingnya waktu dan tempat yang merupakan proses dari masa lampau, masa kini,
dan masa depan
B. Menumbuhkan
pemahaman peserta didik terhadap landasan sikap yang akan ditempuhnya
C. Melatih daya kritis peserta didik untuk
memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah
dan metodologi keilmuan
D. Menumbuhkan apresisasi dan penghargaan
peserta didik terhadap peninggalan sejarah sebagai bukti peradaban bangsa
Indonesia di masa lampau
48. Dibawah ini yang bukan termasuk gejala alam
biotik yaitu...
A. Metamorfosis
B. Fotosintesis
C. Penyerbukan
D. Erosi
49. Metamorfosis adalah suatu proses perkembangan
biologi pada hewan yang melibatkan perubahan penampilan fisik setelah kelahiran
atau penetasan. Dibawah ini adalah contoh serangga yang tidak mengalami
metamorfosis yaitu...
A. Belalang
B. Nyamuk
C. Lalat
D. Semut
50. Kegiatan yang harus dilakukan setelah
pembelajaran adalah melakukan refleksi. Tujuan dilakukan refleksi pembelajaran
bagi pendidik antara lain adalah ….
A. Untuk
menganalisis tingkat keberhasilan proses dan hasil belajar peserta didik
B. Untuk melakukan evaluasi diri terhadap hasil
belajar yang telah dilakukan
C. untuk mengidentifikasi faktor-faktor
penyebab kegagalan pembelajaran
D. Untuk mengembangkan model pembelajaran sesuai
dengan mata pelajaran yang diampu
Disclaimer:
1.
Setiap soal telah disesuaikan dengan beberapa soal PPG tahun lalu.
2.
Soal tidak menjamin akan muncul di pretes PPG 2023
3.
Kunci jawaban tidak menjamin mutlak kebenarannya
0 Comments