Post Test Modul 3: Refleksi dalam Pembelajaran SD
Bu Dita
seorang guru SMK. Pada akhir proses pembelajaran, beliau mengajak peserta didik
untuk melakukan refleksi.
Dalam proses
refleksi, Bu Dita meminta peserta didik untuk bisa berbagi hasil refleksi, namun
ketika salah satu peserta didik sedang berbagi, ada peserta didik lain yang
asik berbicara dengan teman disebelahnya mengomentari tentang hasil refleksi
temannya. Berikut ini yang perlu dilakukan oleh Bu Dita adalah . . . .
A. Menunjuk kedua peserta didik tersebut untuk
menyampaikan hasil refleksi
B. Mengajak peserta didik untuk kembali melihat
kesepakatan kelas mengenai menghargai orang lain
C. Mengingatkan bahwa semua peserta didik akan
diminta untuk menyampaikan hasil refleksi
D. Meminta peserta didik untuk berhenti berbagi dan menuliskan hasil refleksi di catatan pribadi masing – masing
Pak Ahmad
adalah seorang guru sosiologi SMA. Pak Ahmad telah menyiapkan beberapa
pertanyaan untuk memandu proses refleksi tersebut. Pada hari tersebut Pak Ahmad
merupakan guru terakhir yang masuk di kelas sebelum menjelang jam pulang.
Ketika menjelang akhir pembelajaran, Pak Ahmad pun mengajak peserta didiknya
untuk melakukan refleksi bersama, namun suasana kelas pada saat tersebut cukup
panas dan riuh. Apa yang dapat dilakukan Pak Ahmad untuk menciptakan kondisi
kelas sehingga peserta didik tenang, dan dapat mencari posisi yang nyaman untuk
melakukan refleksi?
A. Meminta peserta didik mencatat pertanyaan -
pertanyaan panduan refleksi dan menyelesaikannya di rumah.
B. Meminta peserta didik untuk masuk sesi
refleksi tanpa mengkondisikan suasana kelas yang panas dna riuh.
C. Mengkondisikan peserta didik untuk mulai duduk
tenang dan mencari posisi yang nyaman untuk melakukan refleksi.
D. Mengajak peserta didik untuk hadir lebih awal ke sekolah besok pagi untuk sesi refleksi bersama di kelas.
Bu Indah
adalah seorang guru SMA. Beliau sudah menyusun dan menyiapkan beberapa
pertanyaan untuk melakukan refleksi pembelajaran, tetapi salah satu muridnya
bernama Rendra belum dapat melakukan refleksi dengan mendalam karena belum
terbiasa melakukan refleksi. Salah satu cara yang bisa Bu Indah lakukan untuk
memfasilitasi Rendra berefleksi adalah
A. Mengulang pertanyaan agar dapat dimengerti
oleh Rendra
B. Membiarkan karena hanya satu orang yang tidak
melakukan refleksi
C. Memberikan pertanyaan tambahan yang memandu
D. Memberikan kesempatan Rendra melakukan
refleksi lain waktu
E. Memanggilnya ke depan kelas untuk melakukan refleksi sendiri
Di bawah ini
yang termasuk pertanyaan Refleksi adalah . . . .
A. Setelah dari sini kamu akan melanjutkan
perjalanan kemana?
B. Apa yang kamu rasakan setelah mengikuti
pembelajaran ini?
C. Siapa saja teman yang terlibat dalam proyek
ini?
D. Proyek apa yang sedang kamu kerjakan saat ini?
Perhatikan pertanyaan
berikut ini :
1. Apa saja yang kamu ketahui tentang materi ini
sebelumnya?
2. Bagaimana perasaan kamu tentang pembelajaran
hari ini?
3. Tahapan apa yang kamu lalui untuk
menghasilkan tugas/projek ini?
4. Bagian mana dari pembelajaran hari ini yang
kamu sukai?
5. Apa yang ingin kamu tingkatkan?
6. Jika ada satu kesempatan untuk mengubah, apa
yang ingin kamu ubah dari proyek ini?
Pertanyaan
di atas yang KURANG TEPAT untuk mengajak peserta didik berefleksi terkait
pengalaman belajar yang sudah di alami adalah . . . .
A. 1 dan 2
B. 3 dan 4
C. 5 dan 6
D. 1 dan 3
Dalam
membuat pertanyaan refleksi yang dapat dijadikan sebagai acuan adalah
A. Fase murid
B. Usia murid
C. Pemahaman murid
D. Pemahaman guru
E. Respons murid saat pembelajaran
Berikut ini
yang TIDAK dilakukan pendidik ketika meminta peserta didik untuk melakukan
Refleksi adalah . . . .
A. Merancang pertanyaan refleksi sesuai dengan
fase pemahaman peserta didik
B. Menciptakan suasana yang nyaman bagi peserta
didik untuk berefleksi
C. Meminta semua peserta didik untuk
menyampaikan/menunjukkan hasil refleksinya
D. Menyiapkan beberapa pertanyaan pemandu refleksi bagi peserta didik
Bu Maria
adalah seorang guru bahasa SMP. Bu Maria ingin mengajak peserta didiknya untuk
melakukan refleksi pembelajaran. Bu Maria telah menyiapkan beberapa pertanyaan
untuk memandu proses refleksi pembelajaran tersebut. Bagi para peserta didik,
refleksi pembelajaran yang dirancang oleh Bu Maria merupakan sebuah kegiatan
baru, dan mereka tidak terbiasa untuk mengungkapkan apa yang dirasakan sehingga
dalam proses refleksi yang berlangsung, peserta didik cenderung diam dan tidak
berbagi secara lisan.
Apa yang
dapat dilakukan oleh Bu Maria sehingga proses refleksi pembelajaran ini tetap
dapat berlangsung dengan baik?
A. Memberikan kesempatan kepada peserta didik
untuk menyampaikan hasil refleksi secara tertulis bagi yang bersedia.
B. Menunjuk beberapa peserta didik untuk
menyampaikan secara lisan hasil refleksinya.
C. Menutup sesi refleksi setelah memastikan tidak
ada peserta didik yang mau menyampaikan secara lisan.
D. Meminta semua peserta didik untuk mencatat pertanyaan panduan dan menjawabnya kemudian dikumpulkan besok paginya
Perhatikan
beberapa pertanyaan berikut:
1. Saya paling puas saat berhasil melakukan ….
2. Cara yang paling membantu saya dalam memahami
topik ini adalah ….
3. Saya masih perlu belajar lagi saat melakukan
….
4. Target saya pada pembelajaran selanjutnya
adalah ….
5. Saat belajar minggu ini, saya berhasil
melakukan ….
Pertanyaan
yang tidak tepat ditanyakan saat refleksi bersama murid fase A adalah
A. 1 dan 2
B. 3 dan 5
C. 2 dan 4
D. 2 dan 5
E. 1 dan 4
Bu Susan
seorang guru SMP. Pada setiap akhir pembelajaran, Bu Susan selalu menanyakan
kepada peserta didik apakah mereka sudah paham dengan pembelajaran yang
dilakukan.
Namun para
peserta didik lebih cenderung memilih diam. Bu Susan sebenarnya ingin mengajak
peserta didik untuk berefleksi. Apa yang bisa dilakukan Bu Susan agar bisa
berhasil mengajak peserta didik melakukan refleksi?
A. Menunjuk peserta didik untuk menyampaikan
hasil refleksi berdasarkan pertanyaan panduan
B. Meminta semua peserta didik untuk menyampaikan
hasil refleksi secara bergantian
C. Mengkondisikan peserta didik dalam posisi
duduk yang rileks dan nyaman
D. Meminta semua peserta didik menempelkan hasil refleksi di kertas plano
Berikut ini
yang perlu menjadi perhatian pendidik ketika menyusun pertanyaan Refleksi
adalah . . . .
A. Merancang pertanyaan refleksi sesuai dengan
fase pemahaman peserta didik
B. Peserta didik diajak untuk berefleksi di
tengah lapangan
C. Meminta semua peserta didik untuk menyampaikan/menunjukkan hasil refleksinya
D. Merancang pertanyaan refleksi sesuai dengan keinginan pendidik
Baca Juga:
0 Comments