Refleksi
sebagai bagian dari pembelajaran di PAUD
Kegiatan refleksi perlu menjadi bagian dari pembelajaran
sehari-hari. Melalui refleksi, murid dapat mengevaluasi dan memberikan umpan
balik terhadap kemajuan belajarnya sendiri. Video ini membahas strategi dalam
melakukan refleksi di dalam kelas, cara memfasilitasi, serta contoh pertanyaan
yang bisa diberikan pada jenjang PAUD.
Materi ini juga perlu dipelajari guru jenjang SD untuk
memfasilitasi murid yang kemampuan refleksinya masih di tingkat PAUD.
Referensi:
- SK
Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian
Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No. 009/H/KR/2022 tentang
Dimensi, Elemen, dan Sublemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum
Merdeka.
- https://www.edutopia.org/pdfs/stw/edutopia-stw-replicatingPBL-21stCAcad-reflection-questions.pdf (Diunduh
pada tanggal 7 September 2021).
Refleksi
sebagai bagian dari pembelajaran di SD
Kegiatan refleksi perlu menjadi bagian dari pembelajaran
sehari-hari. Melalui refleksi, murid dapat mengevaluasi dan memberikan umpan
balik terhadap kemajuan belajarnya sendiri. Video ini membahas strategi dalam
melakukan refleksi di dalam kelas, cara memfasilitasi, serta contoh pertanyaan
yang bisa diberikan pada jenjang SD.
Materi ini juga perlu dipelajari guru jenjang lain untuk
memfasilitasi murid yang kemampuan refleksinya masih di tingkat dasar.
Referensi:
- SK
Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian
Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No. 009/H/KR/2022 tentang
Dimensi, Elemen, dan Sublemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum
Merdeka
- https://www.edutopia.org/pdfs/stw/edutopia-stw-replicatingPBL-21stCAcad-reflection-questions.pdf (Diunduh
pada tanggal 7 September 2021).
Refleksi
sebagai bagian dari pembelajaran di SMP-SMA/SMK
Kegiatan refleksi perlu menjadi bagian dari pembelajaran
sehari-hari. Melalui refleksi, murid dapat mengevaluasi dan memberikan umpan
balik terhadap kemajuan belajarnya sendiri. Video ini membahas strategi dalam
melakukan refleksi di dalam kelas, cara memfasilitasi, serta contoh pertanyaan
yang bisa diberikan pada jenjang SMP dan SMA/SMK.
Materi ini juga perlu dipelajari guru jenjang SD untuk
memfasilitasi murid yang kemampuan refleksinya sudah mencapai tingkat SMP.
Referensi:
- SK
Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian
Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No. 009/H/KR/2022 tentang
Dimensi, Elemen, dan Sublemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum
Merdeka
- https://www.edutopia.org/pdfs/stw/edutopia-stw-replicatingPBL-21stCAcad-reflection-questions.pdf (Diunduh
pada tanggal 7 September 2021).
Topik 3: Perencanaan Pembelajaran SD/Paket A
Modul 3: Refleksi dalam Pembelajaran SD
Latihan Pemahaman: Refleksi
dalam Pembelajaran
Berikut hal yang bisa dilakukan untuk memfasilitasi murid dalam berefleksi, kecuali?
o Memberikan pertanyaan tambahan yang memandu.
o Meminta semua murid menunjukkan hasil refleksinya.
o Menyesuaikan pertanyaan sesuai fase kemampuan murid.
o Menciptakan suasana yang nyaman.
Murid di fase B diharapkan dapat mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang berpengaruh dalam proses belajar mereka.
o Benar
o Salah
Berikut yang bukan dari prinsip dalam membuat pertanyaan refleksi adalah
o Mengajukan pertanyaan terbuka.
o Memberikan pertanyaan yang seputar rutinitas murid.
o Menyesuaikan ekspektasi dengan tahap perkembangan murid.
o Menghindari pertanyaan seputar agenda belajar hari ini
Cerita Refleksi
Setelah mempelajari materi ini, saya menyadari beberapa
tantangan yang akan dihadapi saat melakukan refleksi di SD, yaitu........ Oleh
karena itu, saya akan melakukan.......
Jawaban:
Tantangan yang dihadapi saat melakukan refleksi adalah siswa
belum berani dan nyaman dalam berbicara, menjawab dan mengekspresikan dirinya.
Untuk itu, saya akan mencoba melakukan pengembangan diri untuk mengatasinya.
Baca Juga!
0 Comments