Kunci Jawaban Post Test Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SD/Paket A, SMP/Paket B, SMA/K/Paket C/)

 

POST TEST Modul 1: Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SD/Paket A, SMP/Paket B, SMA/K/Paket C/)

Soal terdapat 8 butir yang mana di soal tersebut di acak, bisa jadi soal yang bapak dan ibuk temukan tidak ada antara soal berikut. Jadi, silahkan bapak dan ibuk pilih mana yang soal ditemukan pada Post Test tersebut.

1.    Perhatikan visi Satuan Pendidikan berikut :

Mencetak lulusan yang cerdas, unggul dalam IPTEK dan berwawasan global dengan berlandaskan Pancasila

Berdasarkan visi diatas, maka disusunlah beberapa misi satuan Pendidikan. Misi Satuan Pendidikan yang kurang relevan dengan Visi di atas adalah . . . .

A.  Melaksanakan program pembelajaran aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan dengan pendekatan STEAM

B.  Mengembangkan kemampuan literasi digital peserta didik melalui perpustakaan digital.

C.  Membudayakan hidup disiplin, berjiwa sosial, berbudi pekerti luhur sesuai dengan nilai-nilai Pancasila

D.  Menumbuhkan kesadaran akan lingkungan melalui program cinta lingkungan


2.    Budaya sekolah itu merupakan pola asumsi-asumsi dasar, nilai, norma, dan keyakinan yang dipegang bersama oleh seluruh warga sekolah

A.  Benar

B.  Salah


3.    Hal yang perlu dilakukan sebelum menyusun alur tujuan pembelajaran adalah ....

A.  Menentukan metode pembelajaran

B.  Menentukan rencana asesmen

C.  Menentukan kedalaman materi

D.  Mempelajari dan menguraikan CP

E.   Menentukan produk akhir


4.    Bagaimana pelaksanaan prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran yang kontekstual?

A.  Fokus pada salah satu materi penting saja

B.  Memperhatikan hubungan antar tujuan pembelajaran

C.  Fokus pada salah satu capaian kompetensi saja

D.  Memperhatikan kebutuhan belajar peserta didik


5.    Level taksonomi Marzano yang tertinggi adalah

A.  Pemahaman

B.  Analisis

C.  Sistem diri

D.  Metakognisi


6.    Tujuan Pembelajaran sebaiknya memuat . . . .

A.  Kompetensi dan lingkup materi

B.  Kompetensi dasar dan Kompetensi Inti

C.  Capaian Pembelajaran dan Kompetensi

D.  Capaian pembelajaran dan lingkup materi


7.    Bu Maria mengajar IPS di Fase D. Saat menyusun ATP, Bu Maria dan rekan guru IPS dari kelas 7-9 mengatur agar tujuan pembelajaran yang lebih komleks di ajarkan di kelas 8 dan 9. Mereka memfokuskan kelas 7 untk pembelajaran yang lebih sederhana agar ada ruang bagi gur kelas 7 untuk membimbing murid-murid yang masih menyesuaikan dari fase C ke fase D.

Metode pengurutan yang dilakukan oleh Bu Maria dan timnya adalah…

A.  Scaffolding

B.  Pengurutan Deduktif

C.  Pengurutan dari mudah ke yang lebih sulit

D.  Pengurutan dari yang konkret ke yang abstrak


8.    Dalam pembelajaran Fisika, Bu Sara menyusun Alur Tujuan Pembalajaran dimulai dari mengenal satuan internasional, vektor, Gerak Lurus Beraturan, Gerak Lurus Berubah Beraturan. Metode pengurutan yang dilakukan oleh Bu Sara adalah . . . .

A.  Pengurutan konkret - abstrak

B.  Pengurutan deduktif

C.  Pengurutan hierarki

D.  Pengurutan mudah – sulit


9.    Perhatikan langkah dalam penyusunan visi dan misi sekolah berikut

1.   Wawancara

2.   Pemilihan informasi yang relevan

3.   Analisis karakteristik atau konteks sekolah

4.   Merumuskan misi sekolah

5.   Merumuskan visi sekolah

Urutan yang tepat dalam menyusun visi dan misi sekolah adalah…

A.  12345.

B.  12354.

C.  21354.

D.  21543.

E .  13245.


10.  Mengapa penting untuk menciptakan lingkungan yang nyaman melalui budaya sekolah yang positif?

A.  Agar peserta didik tidak melanggar aturan sekolah.

B.  Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

C.  Untuk menurunkan jumlah peserta didik yang bermasalah.

D.  Untuk menegakkan aturan sekolah dengan tegas


11.  Langkah pertama yang harus dilakukan ketika menulis tujuan pembelajaran dengan alternatif kedua adalah …

a.  Mengidentifikasi kata kunci pada CP

b.  Mengelompokan hasil identifikasi sesuai kompetensi dan lingkup materinya

c.   Merumuskan tujuan pembelajaran

d.  Memetakan Alur Tujuan Pembelajaran


12.  Metode pengurutan yang meningkatkan standar performa sekaligus mengurangi bantuan secara bertahap merupakan penjelasan metode dalam penyusunan ATP yaitu…

a.   Pengurutan Deduktif

b.  Pengurutan Hierarki

c.   Pengurutan Prosedural

d.  Scaffolding


13.  Berikut ini yang BUKAN merupakan informasi yang bisa ditemukan pada Capaian pembelajaran adalah ….

a.   Konten materi yang perlu dikuasai oleh peserta didik

b.  Kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta didik

c.   Tujuan akhir pembelajaran yang harus dicapai peserta didik

d.  Jenis asesmen yang harus diberikan kepada peserta didik


Baca Juga:



Post a Comment

0 Comments