Menyusun
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
Apa yang dilakukan setelah menurunkan CP menjadi tujuan
pembelajaran? Jawabannya adalah menyusunnya menjadi sebuah Alur Tujuan
Pembelajaran (AT). Alur ini seperti peta belajar peserta didik dalam 1 fase.
Terdapat prinsip dan teknik yang perlu dipelajari dalam
menyusun ATP. Mari pelajari bersama di video ini.
Referensi:
Contoh 1
Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran
Video ini merupakan tutorial menyusun ATP dengan menggunakan
mata pelajaran IPAS sebagai contoh. Semua pendidik dapat belajar dari contoh
ini karena apapun mata pelajarannya dirumuskan dengan prinsip dan alur berpikir
yang sama. Contoh ATP pada video ini dapat dilihat pada tautan berikut (klik di sini)
Referensi:
Topik: Perencanaan Pembelajaran SD/Paket A
Modul: Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SD/Paket A, SMP/Paket B, SMA/K/Paket C/)
Latihan Pemahaman: Menyusun
Alur Tujuan Pembelajaran
Peran yang dapat dipilih pendidik dalam kaitan dengan ATP adalah…
o Merancang sendiri berdasarkan CP.
o Mengembangkan dan memodifikasi contoh yang disediakan.
o Menggunakan contoh yang disediakan pemerintah.
o Semua Benar
Langkah pertama yang dilakukan saat menyusun ATP adalah berdiskusi terlebih dahulu dengan guru 1 fase.
o Benar
o Salah
Cerita Refleksi
Apa pemahaman baru yang Anda dapatkan mengenai alur tujuan
pembelajaran?
Jawaban:
Tujuan Pembelajaran adalah gambaran dari pencapaian dari
tiga unsur kompetensi (kognitif, psikomotorik, dan afektif) yang dapat
diperoleh peserta didik di suatu kegiatan pembelajaran. Yang mana tujuannya
untuk mendeskripsikan kemampuan intelektual, keterampilan, dan sikap yang wajib
dimiliki oleh peserta didik sebagai hasil dari pembelajaran.
Baca Juga:
0 Comments