Kunci Jawaban Latihan Pemahaman Prinsip dan Fungsi Asesmen

 

Asesmen as, for, dan of learning

Asesmen Diagnostik adalah asesmen awal pembelajaran.

 

Asesmen merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar, perkembangan, dan pencapaian murid. Agar pelaksanaan asesmen sejalan dengan tujuan yang hendak dicapai, kita perlu memahami dulu karakteristik dan fungsi asesmen formatif dan sumatif. Video ini akan membahas fungsi asesmen yang mencakup asesmen sebagai proses pembelajaran (assessment as learning), asesmen untuk proses pembelajaran (assessment for learning), dan asesmen pada akhir proses pembelajaran (assessment of learning).



Referensi:

- Pusat Asesmen dan Pembelajaran. Panduan Pembelajaran dan Asesmen Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. 2021. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

- Ninomiya, Shuichi. (2016). The Possibilities and Limitations of Assessment for Learning: Exploring the Theory of Formative Assessment and the Notion of “Closing the Learning Gap”. The Possibilities and Limitations of Assessment for Learning, (10), 79-91.



 

Asesmen sebagai Bukti Pembelajaran

Asesmen diagnostik adalah Asesmen Awal Pembelajaran.

 


Asesmen merupakan salah satu bukti atau informasi untuk memahami proses pembelajaran yang akan, sedang, dan telah berlangsung. Video ini akan membantu kita memahami makna asesmen dalam fungsinya yang lebih berpihak kepada murid dan membantu mereka mendapatkan pembelajaran yang bermakna.

 

Referensi:

- Pusat Asesmen dan Pembelajaran. Panduan Pembelajaran dan Asesmen Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. 2021. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

 

- Heritage, Margaret. (2013). Gathering Evidence of Student Understanding. SAGE handbook of research on classroom assessment, 179-195.



 

Topik 4: Asesmen SD/Paket A

Modul 1: Memahami Asesmen

Latihan Pemahaman: Prinsip dan Fungsi Asesmen

Asesmen yang lebih melibatkan murid untuk menilai diri dan temannya adalah salah satu karakteristik dari

o   Asesmen sebagai proses pembelajaran (as learning)

o   Asesmen untuk proses pembelajaran (for learning)

o   Pada akhir proses pembelajaran ( of learning)

 

Dalam pembelajaran dengan paradigma baru, asesmen ditempatkan sebagai berikut, kecuali

o   Proses pengumpulan informasi kebutuhan belajar

o   Proses pengolahan informasi pencapaian hasil belajar

o   Alat untuk menghasilkan nilai

o   Alat untuk memantau perkembangan belajar murid

 

Cerita Refleksi

Apa yang terlintas di pikiran Ibu dan Bapak saat mendengar kata asesmen?

 

Jawaban:



Terlintas diawal pikiran saya bahwa asesmen adalah proses penilaian / penghargaan kepada siswa setelah mempelajari materi tertentu.


Baca Juga:

  • Kunci Jawaban Latihan Pemahaman Metode dan Format Asesmen
  • Kunci Jawaban Latihan Pemahaman Kurikulum dan Asesmen
  • Kunci Jawaban Post Test Memahami Asesmen



Post a Comment

0 Comments