Asesmen as,
for, dan of learning
Asesmen Diagnostik adalah asesmen awal pembelajaran.
Asesmen merupakan proses pengumpulan dan pengolahan
informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar, perkembangan, dan pencapaian
murid. Agar pelaksanaan asesmen sejalan dengan tujuan yang hendak dicapai, kita
perlu memahami dulu karakteristik dan fungsi asesmen formatif dan sumatif.
Video ini akan membahas fungsi asesmen yang mencakup asesmen sebagai proses
pembelajaran (assessment as learning), asesmen untuk proses pembelajaran
(assessment for learning), dan asesmen pada akhir proses pembelajaran (assessment
of learning).
Referensi:
- Pusat Asesmen dan Pembelajaran. Panduan Pembelajaran dan
Asesmen Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. 2021. Jakarta: Kementerian
Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
- Ninomiya, Shuichi. (2016). The Possibilities and
Limitations of Assessment for Learning: Exploring the Theory of Formative
Assessment and the Notion of “Closing the Learning Gap”. The Possibilities and
Limitations of Assessment for Learning, (10), 79-91.
Asesmen
sebagai Bukti Pembelajaran
Asesmen diagnostik adalah Asesmen Awal Pembelajaran.
Asesmen merupakan salah satu bukti atau informasi untuk
memahami proses pembelajaran yang akan, sedang, dan telah berlangsung. Video
ini akan membantu kita memahami makna asesmen dalam fungsinya yang lebih
berpihak kepada murid dan membantu mereka mendapatkan pembelajaran yang
bermakna.
Referensi:
- Pusat Asesmen dan Pembelajaran. Panduan Pembelajaran dan
Asesmen Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. 2021. Jakarta: Kementerian
Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
- Heritage, Margaret. (2013). Gathering Evidence of Student
Understanding. SAGE handbook of research on classroom assessment, 179-195.
Topik 4: Asesmen SD/Paket A
Modul 1: Memahami Asesmen
Latihan Pemahaman: Prinsip dan Fungsi
Asesmen
Asesmen yang lebih melibatkan murid untuk menilai diri dan temannya adalah salah satu karakteristik dari
o Asesmen sebagai proses pembelajaran (as learning)
o Asesmen untuk proses pembelajaran (for learning)
o Pada akhir proses pembelajaran ( of learning)
Dalam pembelajaran dengan paradigma baru, asesmen ditempatkan sebagai berikut, kecuali
o Proses pengumpulan informasi kebutuhan belajar
o Proses pengolahan informasi pencapaian hasil belajar
o Alat untuk menghasilkan nilai
o Alat untuk memantau perkembangan belajar murid
Cerita Refleksi
Apa yang
terlintas di pikiran Ibu dan Bapak saat mendengar kata asesmen?
Jawaban:
Terlintas diawal pikiran saya bahwa asesmen adalah proses
penilaian / penghargaan kepada siswa setelah mempelajari materi tertentu.
Baca Juga:
- Kunci Jawaban Latihan Pemahaman Metode dan Format Asesmen
- Kunci Jawaban Latihan Pemahaman Kurikulum dan Asesmen
- Kunci Jawaban Post Test Memahami Asesmen
0 Comments